SentraClix

Pages

Minggu, 16 Mei 2010

wayang dan macamnya

Wayang merupakan kesenian tradisional jawa. waynag merupakan adopsi kebudayaan dari India yang masuk ke pulau jawa seiring dengan berkembangnya agama hindu budha pada zaman jawa kuna. Wayang yang dapat dikatakan sebagai warisan luhur dari Jawa karena pada zaman Islam wayang telah dimodifikasi oleh Sunan Kalijaga sebagai media dakwah.
Wayang pada zaman itu terbuat dari kulit sapi yang kemudian dikeringkan denga proses yang lama dan dengan resep khusus yang dimiliki seniman pembuat wayang sehingga dapat berbentuk sempurna seperti sekarang ini. wayang yang terbuat dari kulit ini yang terkenal dan merupakan cikal bakal terbentuknya wayang yang kita kenal.
Sesuai dengan perkembangan zaman, wayang pun mengalami perubahan bentuk dan jenis serta pakem atau cerita yang disajikan oleh setiap dalang. wayang yang pertama hanya wayang kulit muncul menjadi wayang wong, wayang golek, wayang beber, wayang jemblung, wayang dongeng, dan wayang suket.
Wayang wong merupakan pertunjukan wayang yang langsung diperagakan oleh orang dan menggunakan aksesoris seperti wayang kulit. Wayang wong berkembang di daerah jawa tengan khususnya Semarang dan Surakarta. dalam memperagakan wayang wong, pemain harus dapat menghayati karakter tokoh yang diperankan. pemain juga harus bisa menari dan melakukan vokal yang jelas.
Wayang golek merupakan kesenian wayang yang terdapat didaerah Sunda. Wayang golek ini merupakan wayang yang dibentuk mirip wayang dan berbentuk golek. dari segi cerita dan penamaannya, wayang golek ini ada yan menggunakan nama khas Sunda namun ada juga yang dinamai oleh dalang sendiri jika berbentuk boneka seperti bentuk tokoh masyarakat. dari segi cerita pun diceritakan tentang kehidupan sehari-hari dan kehidupan politik dan juga berfungsi menyadarkan masyarakat dan mengetuk hati pejabat selain sebagai hiburan ditengah masyarakat.
Wayang beber merupakan wayang yang berupa gambar dan gambar tersebut diceritakan oleh dalang sebagai pemandu. cerita tersebut dapat berupa cerita yang terdapat dalam pakem atau cerita yang di karang oleh dalang sendiri.
Beberapa jenis wayang ini, semua menggunakan aransemen musik gamelan jawa. namun, ada juga yang merupakan modifikasi di tahun sekitar 2000-an. seperti wayang dongeng yang berupa wayang akan tetapi ceritanya berupa cerita atau dongeng ynag umumnya disukai oleh anak-anak. Wayang dongeng ini berbentuk seperti hewan hewan yang ada dalam dongeng seperti kancil, gajah, dan lain-lain. aransemennya pun sederhana.
Wayang suket merupakan wayang yang terbuat dari rumput dan dimainkan oleh seorang dalang. wayang tersebut dibuat dari jenis rumput dan dibentuk seperti layaknya wayang.

0 komentar: